SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
X.2 Struktur Atom
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
· Perkembangan model atom
· Struktur atom Bohr dan mekanika
kuantum.
· Nomor atom dan nomor massa
·
Konfigurasi elektron
dan Diagram orbital
· Bilangan kuantum dan bentuk orbital.
· Golongan dan periode
· Sifat keperiodikan unsur
· Isotop, isobar, isoton
|
Mengamati
· Mengamati perkembangan model atom
dan partikel penyusun atom serta hubungannya dengan
nomor massa dan nomor atom.
· Mengamati tabel periodik modern
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan struktur atom, misalnya: apa
saja partikel penyusun atom? Bagaimana partikel-partikel tersusun dalam atom? Dimana posisi elektron dalam atom?
Mengapa model atom mengalami perkembangan?
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tabel periodik, misalnya: apa
dasar pengelompokan unsur dalam tabel periodik? Bagaimana hubungan konfigurasi
elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik?
Pengumpulan data
· Melakukan analisis
dan diskusi tekait dengan perkembangan
model atom.
· Menganalisis
perkembangan model atom yang satu terhadap model atom yang lain.
· Mengamati nomor atom dan nomor
massa beberapa unsur untuk menentukan jumlah elektron, proton dan netron
unsur tersebut.
· Menganalisis
hubungan konfigurasi elektron dengan nomor atom.
· Mendiskusikan konfigurasi elektron dan diagram orbital dari unsur tertentu.
· Mendiskusikan bilangan kuantum dan
bentuk orbital suatu unsur.
· Menganalisis hubungan
antara nomor atom dan konfigurasi elektron dengan
letak unsur dalam tabel periodik (golongan dan periode).
· Menganalisis tabel dan grafik hubungan
antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
· Menganalisis nomor atom
dan nomor massa beberapa contoh kasus pada unsure untuk memahami isotop, isobar, dan isoton.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan bahwa
golongan dan periode unsur ditentukan oleh nomor atom dan konfigurasi elektron.
· Menyimpulkan adanya hubungan
antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil rangkuman tentang perkembangan model atom dan
tabel periodic unsur
dengan menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Tugas :
·
Membuat peta konsep tentang
perkembangan model atom dan tabel periodik serta mempre-sentasikannya
Observasi
· Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
· Peta konsep
Tes tertulis uraian:
·
Menentukan jumlah elektron, proton, dan netron dalam
atom
·
Menentukan konfigurasi elektron dan diagram orbital
·
Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital
·
Menganalisis letak unsur dalam
tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
·
Menganalisis kecenderungan sifat keperiodikan unsur dalam
satu golongan atau periode berdasar kan data
|
8 mgg x 3 jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Encarta Encyclopedia
· Lembar kerja
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,
toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku
responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
3.2
Menganalisis perkembangan model atom
3.3
Menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr
dan teori mekanika kuantum.
3.4
Menganalisis hubungan
konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan letak unsur dalam
tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
|||||
4.1
Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.2
Mengolah dan menganalisis truktur
atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.3
Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram
orbital untuk menentukan letak unsur
dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar