Minggu, 31 Agustus 2014

silabus kimia sma X (X.2 struktur atom)


SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan       : SMA
Kelas                           : X
Kompetensi Inti           :
X.2 Struktur Atom
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi   atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menyadari  adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi  sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
·     Perkembangan model atom
·     Struktur atom Bohr dan mekanika kuantum.
·     Nomor atom dan nomor massa
·     Konfigurasi elektron
dan Diagram orbital 
·     Bilangan kuantum dan bentuk orbital.
·     Golongan dan periode
·     Sifat keperiodikan unsur
·     Isotop, isobar, isoton


Mengamati
·      Mengamati perkembangan model atom dan partikel penyusun atom serta hubungannya dengan nomor massa dan nomor atom.
·      Mengamati tabel periodik modern
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan struktur atom, misalnya:  apa saja partikel penyusun atom? Bagaimana partikel-partikel tersusun dalam atom? Dimana posisi elektron dalam atom? Mengapa model atom mengalami perkembangan?
·     Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tabel periodik, misalnya: apa dasar pengelompokan unsur dalam tabel periodik? Bagaimana hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik?
Pengumpulan data
·      Melakukan analisis dan diskusi tekait  dengan perkembangan model atom.
·      Menganalisis perkembangan model atom yang satu terhadap model atom yang lain.
·      Mengamati nomor atom dan nomor massa beberapa unsur untuk menentukan jumlah elektron, proton dan netron unsur tersebut.
·      Menganalisis hubungan konfigurasi elektron  dengan nomor atom.
·      Mendiskusikan konfigurasi elektron dan diagram orbital dari unsur tertentu.
·      Mendiskusikan bilangan kuantum dan bentuk orbital suatu unsur.
·      Menganalisis hubungan antara nomor atom dan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik (golongan dan periode).
·      Menganalisis tabel dan grafik hubungan antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
·      Menganalisis nomor atom dan nomor massa beberapa contoh kasus pada unsure untuk memahami isotop, isobar, dan isoton.
Mengasosiasi
·      Menyimpulkan bahwa golongan dan periode unsur ditentukan oleh nomor atom dan konfigurasi elektron.
·      Menyimpulkan adanya hubungan antara nomor atom dengan sifat keperiodikan unsur (jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elekton, dan keelektronegtifan)
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil rangkuman tentang perkembangan model atom dan tabel periodic unsur dengan menggunakan tata bahasa yang benar.  
Tugas :
·   Membuat peta konsep tentang perkembangan model atom dan tabel periodik serta mempre-sentasikannya
Observasi
·   Sikap ilmiah saat diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
·   Peta konsep

Tes tertulis  uraian:
·   Menentukan jumlah elektron, proton, dan netron dalam atom
·   Menentukan konfigurasi elektron dan diagram orbital 
·   Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital
·   Menganalisis  letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
·   Menganalisis  kecenderungan sifat keperiodikan unsur dalam satu golongan atau periode berdasar kan data





8 mgg x 3 jp
·     Buku teks kimia
·     Literatur lainnya
·     Encarta Encyclopedia
·     Lembar kerja    

2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,  demokratis, komunikatif ) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2       Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,  toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3       Menunjukkan perilaku responsif,  dan proaktif serta bijaksana sebagai   wujud kemampuan memecahkan  masalah dan membuat keputusan.
3.2      Menganalisis  perkembangan model atom
3.3      Menganalisis  struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4      Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk  menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan  sifat-sifat periodik unsur.
4.1      Mengolah dan menganalisis  perkembangan model atom.
4.2      Mengolah dan menganalisis truktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.3      Menyajikan hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk menentukan  letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar