KELAS: X
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan struktur
partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur
partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkan
perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan
serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
|
|
3.
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam
kehidupan.
3.2
Menganalisis perkembangan model atom.
3.3
Menganalisis struktur atom berdasarkan
teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
3.4
Menganalisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk
menentukan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
3.5
Membandingkan proses pembentukan
ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi
antar partikel (atom, ion, molekul)
materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
3.6
Menganalisis kepolaran senyawa.
3.7
Menganalisis teori jumlah pasangan elektron
di sekitar inti atom (Teori Domain Elektron) untuk menentukan bentuk molekul.
3.8
Menganalisis sifat larutan elektrolit
dan larutan non-elektrolit berdasarkan daya hantar
listriknya.
3.9
Menganalisis perkembangan konsep
reaksi oksidasi- reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam
molekul atau ion.
3.10 Menerapkan
aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana.
3.11 Menerapkan konsep massa
molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol
untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat
ilmu kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta
peran kimia dalam kehidupan..
4.2
Mengolah dan menganalisis perkembangan model atom.
4.3
Mengolah dan menganalisis struktur atom berdasarkan teori atom Bohr dan teori mekanika kuantum.
4.4
Menyajikan
hasil analisis hubungan konfigurasi elektron dan diagram orbital untuk
menentukan letak unsur dalam tabel
periodik dan sifat-sifat periodik unsur.
4.5
Mengolah dan menganalisis perbandingan proses
pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan
logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.
4.6
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan kepolaran senyawa.
4.7
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori jumlah pasangan elektron di
sekitar inti atom (Teori Domain Elektron).
4.8
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non-
elektrolit.
4.9
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil
percobaan reaksi oksidasi-reduksi.
4.10
Menalar aturan
IUPAC dalam penamaan senyawa
anorganik dan organik sederhana.
4.11
Mengolah dan menganalisis data terkait massa
molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol
untuk menyelesaikan perhitungan kimia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar