SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
X.1 Peran, Hakikat, Metode ilmu kimia
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel
materi sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
|
·
Peran kimia dalam kehidupan.
·
Hakikat ilmu kimia
· Metode ilmiah dan keselamatan
kerja
|
Mengamati
·
Mengamati produk-produk kimia dalam kehidupan, misalnya sabun,
detergen,pasta gigi, shampo, kosmetik, obat, susu, keju, mentega, minyak
goreng, garam dapur, dan asam cuka.
· Membaca artikel tentang peran
kimia dalam perkembangan ilmu lain (farmasi,geologi, pertanian, kesehatan)
dan peran kimia dalam menyelesaikan masalah global.
· Membaca artikel
tentang hakikat ilmu
kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.
Menanya
· Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan hasil pengamatan, misalnya:
-
Apa yang dipelajari dalam kimia?
-
Apa manfaatnya belajar kimia dan kaitannya dengan karir masa depan?
Pengumpulan data
·
Mengkaji literatur tentang peran kimia dalam kehidupan, perkembangan IPTEK, dan
dalam menyelesaikan masalah global.
·
Mengunjungi laboratorium untuk mengenal alat-alat dan bahan kimia
serta tata tertib laboratorium.
·
Mendiskusikan kerja seorang ilmuwan kimia dalam melakukan penelitian untuk
memperoleh produk kimia menggunakan metode ilmiah meliputi: penemuan masalah,
perumusan masalah, membuat hipotesis, melakukan percobaan dan mengolah data
serta membuat laporan.
Mengasosiasi
· Menyimpulkan hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusi tentang hakikat ilmu kimia, metode ilmiah
dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan dengan tata bahasa
yang benar.
|
Tugas
·
Membuat laporan tentang hakikat ilmu kimia,
metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
Observasi
· Sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi dengan lembar pengamatan
Portofolio
· Laporan pengamatan
Tes
·
Tertulis membuat
bagan / skema tentang hakikat kimia, metode ilmiah dan keselamatan kerja
serta peran kimia dalam kehidupan
|
1 mgg x 3 jp
|
· Buku teks kimia
· Literatur lainnya
· Encarta Encyclopedia
· Lembar kerja
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif )
dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan
dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3 Menunjukkan perilaku
responsif, dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
|||||
3.1 Memahami hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium serta peran kimia dalam kehidupan.
|
|||||
4.1
Menyajikan hasil pengamatan tentang hakikat ilmu kimia, metode
ilmiah dan keselamatan kerja dalam mempelajari kimia serta peran kimia dalam kehidupan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar